Minggu, 18 Desember 2016

Usaha sampingan 2019



Usaha sampingan


Usaha sampingan sangat perlu

untuk para pekerja yang mempunyai rutinitas dari senin sampai sabtu di dalam dunia kantoran biasanya sudah puas dengan salary yang mereka dapatkan setiap bulannya.

tapi apakah yang didapat setiap bulannya oleh kita sebagai karyawan itu "CUKUP"???
Hasil gambar untuk gambar usaha

saya rasa tergantung dari golongan atau jabatan kita di dalam perusahaan tersebut.
untuk level manager ke atas...tentu saja apa yang di dapat setiap bulannya itu lebih dari cukup. tapi untuk levelan Supervisor ke bawah,.." apakah gaji kita cukup???"

tentu saja bagi sebagian besar dari kita menjawab "TIDAK"

untuk itu kita memerlukan usaha sampingan yang bisa kita andalkan untuk memberikan kita income setiap bulannya sehingga gaji yang kita dapat dari bekerja sebagai karyawan tidak lagi mengalami istilah lebih besar pasak dari pada tiang.

tapi tentu saja kita terus berpikir.... 
"usaha apa yang bisa saya lakukan??"
"apakah modal saya cukup untuk melakukan usaha tersebut??"
"apakah saya ada waktu untuk melakukannya???"


jangan biarkan pikiran itu terus menerus mengiang-ngiang di otak mu!!! sehingga tidak ada satupun usaha yang kamu lakukan karena keraguan.

dan untuk anda yang ingin bergerak dan memulai usaha...berikut saya berikan beberapa jenis usaha yang bisa kita lakukan sebagai usaha sampingan.


1. JASA LAUNDRY

Hasil gambar untuk gambar usaha
Sekarang ini banyak orang yang ingin serba praktis, tidak terkecuali dalam urusan mencuci dan menyetrika pakaian. Ini adalah peluang bagi Anda yang ingin memulai jasa laundry.
Agar menguntungkan, hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah pangsa pasar. Sebaiknya cari tempat yang banyak mahasiswa dan karyawan swasta (atau pegawai negeri sipil). Mengapa? Karena mahasiswa dan karyawan adalah pangsa terbesar jasa ini. Dengan demikian, tidak mengherankan kalau keuntungan yang akan Anda peroleh sebesar 15%-25% (asumsi tarif laundry Rp4.000 s.d Rp6.000 per kilogram).
tapi untuk usaha laundry mempunyai beberapa kendala. salah satunya adalah kendala tempat. bagi orang yang telah memiliki lahan untuk bisa dijadikan tempat usaha laundry, modal usaha bisa kita keluarkan dengan biaya awal minimal 7 juta rupiah. tapi untuk kita yang belum memiliki lahan dikarenakan kita hanyalah pegawai yang juga kost-kost an di dekat tempat kerja...usaha laundry bukan menjadi pilihan usaha sampingan karena pasti memerlukan biaya tambahan untuk menyewa tempat usaha.

2. Menjual foto di internet

Jika Anda hobi fotografi, Anda bisa menghasilkan uang dari foto-foto yang Anda hasilkan. Caranya adalah dengan menjual foto tersebut secara online.
Hasil gambar untuk gambar usaha
Untuk tahap awal, cobalah dua situs penjualan foto terpuler ini: Istockphoto.com (komisi 15% per foto) dan ShutterStock.com (komisi 20-30%). Setelah itu, situs-situs lain yang bisa dicoba adalah Fotolia.com dan StockFresh.com. Siapkan juga akun PayPal Anda agar Anda mudah menerima komisi yang diperoleh dari situs-situs tersebut.
Modal yang perlu Anda siapkan untuk usaha sampingan ini dapat dibilang tanpa modal. Asumsinya Anda menggunakan kamera digital yang Anda miliki dan dana koneksi internet dimasukkan dalam anggaran bulanan Anda. Menarik, bukan?

3. Makelar properti

Hasil gambar untuk gambar usaha

Di lingkungan tinggal Anda ada perumahan atau apartemen baru? Jika ya, Anda bisa menjadi makelar properti tersebut dengan menawarkan ke teman-teman kerja Anda. Tentu saja, Anda harus bekerja sama dulu dengan pihak pemasaran properti tersebut sehingga Anda tahu batas profit atau bonus yang akan Anda dapatkan seandainya Anda bisa menjual sebuah unit atau lebih.
Untuk menjadi makelar properti, Anda tanpa perlu modal dalam bentuk uang. Modal yang Anda perlukan berupa kepercayaan, baik dari pemilik atau calon pembeli properti. Selain itu, Anda mesti memiliki sedikit ilmu pemasaran agar lancar menawarkan properti ke teman-teman kerja Anda atau orang lain.

4. Menjual pulsa elektrik

Hasil gambar untuk gambar usaha

 

Menjual pulsa merupakan ide bisnis yang menjanjikan karena meningkatnya pengguna telepon seluler. Kabarnya, seorang pebisnis pulsa di Jakarta memiliki omset Rp20 triliun setahun. Jika Anda ingin berbisnis pulsa, Anda bisa memilih pulsa elektrik sebagai tahap awal. Selain tidak berbentuk kartu yang perlu tempat, pulsa elektrik diaktifkan melalui telepon genggam Anda sehingga relatif tidak merepotkan.
Untuk memulai bisnis pulsa elektrik, modal yang Anda sediakan tidak banyak, yaitu berkisar dari Rp1 juta s.d Rp3 juta. Calon konsumen Anda bisa saja teman sepekerjaan atau tetangga rumah Anda.

5. Menjual makanan untuk sarapan

 

Hasil gambar untuk gambar usaha 
Menyediakan makanan untuk sarapan merupakan ide bisnis sampingan yang menjanjikan bagi Anda. Hal ini karena banyak karyawan yang kerepotan menyediakan sendiri sarapannya. Menariknya lagi, Anda bisa memanfaatkan halaman depan rumah Anda untuk menjual makanan tersebut. Selain itu, menu yang Anda tawarkan bisa beragam, antara lain bubur ayam, nasi uduk, nasi kuning, dan gorengan. anda juga bisa menintipkan ke warung-warung dekat rumah bahkan warung dekat tempat kerja anda. Jika Anda sudah beristri, menu tersebut mudah dibuat, bukan?
Modal yang perlu Anda miliki untuk memulai usaha ini sekitar Rp1 juta per bulan. 80% uang tersebut untuk membeli bahan baku, misalnya telur, beras, daging ayam, tahu, tempe, dan sayuran. Sisanya untuk membeli bahan bakar dan transportasi. Dengan modal sebesar itu, Anda berpeluang mendapatkan penghasilan bersih sebesar Rp2 juta per bulan.

6. Membuat toko online

Hasil gambar untuk gambar usaha
toko online
Seperti halya ngeblog, membuat toko online juga sedang ngetren. Salah satu alasannya adalah gaya berbelanja masyarakat sekarang yang mulai bergeser ke gaya berbelanja online.
Di lihat dari sisi barang yang dijual, Anda bisa menjual barang sendiri atau barang orang lain. Barang fisik yang umum dijual para pelaku toko online adalah pakain, obat herbal, kerajinan khas daerah, tas, dan kaos. Sementara itu, barang digital yang populer dijual adalah ebook, software, musik, theme, plugin, dan video tutorial.
Modal yang perlu Anda siapkan untuk membuat toko online tidak besar. Sebagai contoh, modal Anda bisa seperti modal ngeblog di atas jika Anda mampu mendesain sendiri toko online Anda. Jangan khawatir, karena sekarang ini banyak template gratis toko online. Sekalipun harus membeli, banyak juga template yang harganya di bawah Rp300 ribu.
Hal menarik lain adalah Anda tidak harus repot mengirim barang jika Anda menggunakan sistem dropshipping. Para dropshipper-lah yang akan mengirim barang tersebut ke pembeli Anda. Salah satu dropshipper lokal yang bisa Anda coba adalah Supplier.id.

7. Jual beli barang bekas

Jual beli barang bekas bisa juga Anda coba untuk memulai bisnis sampingan. Selain tidak merepotkan, usaha sampingan ini memiliki supply dan demand yang besar. Hasil gambar untuk gambar usaha
Untuk memulai jual beli barang bekas, Anda tidak mesti memiliki modal besar. Bahkan, Anda tidak perlu modal uang jika Anda sebagai makelar. Cukup dengan modal kepercayaan saja, Anda bisa meraup sejumlah keuntungan. Misalnya, motor bekas milik tetangga Anda tawarkan ke sejumlah rekan kerja Anda. Salah satu dari mereka membeli motor tersebut sehingga Anda mendapatkan sejumlah keuntungan. Belum lagi bila Anda mendapat komisi dari pemiliki motor tersebut.
Jika pun harus mengeluarkan modal, mulailah dengan membeli motor bekas di bawah Rp10 juta. Dengan modal tersebut, Anda bisa memiliki dua motor bebek bekas yang siap dijual. Perihal harga, sesekali pantau harga motor bekas secara online. Misalnya saja, harga motor bekas Yamaha di OLX.co.id.


untuk memulai salah satu usaha sampingan di atas memerlukan semangat pantang menyerah dan juga kemampuan untuk mengembangkan diri. 

INGAT!!!

1. JUST DO IT....
2. SELALU MENGEMBANGKAN DIRI UNTUK USAHA  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar